VIDEO PAPI Maz.101:2-8




Judul di atas merupakan tema salah satu sesi di Camp Pria Sejati.  Sebuah program pembangunan karakter pria  menjadi serupa dengan karakter Kristus.  Program ini telah memberkati jutaan pria diseluruh dunia untuk memulihkan kehidupan pribadi dan keluarga mereka masing-masing.  Video papi berbicara mengenai pengaruh gambaran figur seorang ayah terhadap prilaku anak-anaknya.  Sang pembicara Ronny Soedjak merefleksikan pengalamannya dan menyimpulkan bahwa karakternya yang rusak dan kemudian menyebabkan kehancuran pada perkawinan dan keluarganya dikarenakan Ia tidak mendapatkan gambaran yang baik dari ayahnya.  Dia menceritakan ayahnya adalah seorang suami yang suka berselingkuh dan berjudi.  Iapun mengikuti apa yang dilakukan ayahnya itu. Selanjutnya  anak-anak dari Ronny Soedjakpun  ikut rusak karena tidak mendapatkan teladan yang baik darinya. Anak laki-lakinya menjadi bandar narkoba dan hampir mati karena Overdosis, sedangkan anak perempuannya beberapa kali melakukan aborsi karena hamil diluar nikah.  Namun selanjutnya ketika Ronny Soedjak bertobat maka kehidupan keluarganya termasuk anak-anaknya dipulihkan.
Mazmur 101:2-8 merupakan semacam janji dalam acara pengangkatan jabatan Raja.  Berisi mengenai komitmen untuk hidup tidak bercela (ay.2,3), dengan hati tulus (ay.3,5b,6a) melakukan kebenaran (ay.4,7) dan keadilan (ay.5a,6b,8).  Komitmen ini penting juga untuk dilakukan oleh para pria sebagai kepala rumah tangga. Dengan demikian keluarga dan keturunannya akan bahagia.  Oleh sebab anak-anaknya akan mengikuti teladan yang baik dari sang ayah.
Ketika saya terlalu sibuk dengan aktifitas diri dan menomorduakan keluarga maka teladan ayah yang perhatian pada keluarga berbicara sangat kuat.  Ayah dengan tiga orang anak-anak yang masih kecil-kecil diangkut dalam satu motor bersama ibu melakukan perjalanan wisata dari jepara hingga Borobudur. Ketika saya kurang memperhatikan proses belajar anak, saya disemangati dengan gambaran masa lalu ayah yang dengan sabar dan kreatif membuat huruf dari kertas berwarna untuk mengajari kami membaca. Marilah bersama membentuk figur diri  yang baik demi masa depan yang baik bagi anak-anak kita. (IFW)

No comments:

Post a Comment