"KEJATUHAN DI MASA KEJAYAAN"



Nats Alkitab : 2 Samuel 11:1-27


    Daud mulai hidup nyaman dan mapan. Ia menikmati masa kejayaannya. Ia tidak perlu lagi terjun langsung dalam peperangan untuk memperluas kekuasaannya. Cukup perintah saja maka para anak buahnya yang setia yang akan langsung bertindak.  Oleh karena itu Ia mempunyai banyak waktu untuk menikmati hidup.  Tidur siang, bangun sore hari, petang jalan-jalan cuci mata.  Meskipun di tempat yang lain para anak buahnya berjuang mempertaruhkan nyawa bagi kekuasaannya.

    Justru disinilah awal kejatuhan Daud.  Ia tidak jatuh saat Ia masih lemah, saat harus berhadapan dengan tentara elit gagah perkasa yaitu Goliat. Namun Ia jatuh justru saat telah menjadi kuat.  Ia jatuh saat telah menjadi raja yang penuh dengan kuasa. Ia jatuh saat apa saja yang diinginkannya pasti dapat terlaksana. Ia jatuh saat menginginkan Betsyeba Istri Uria.
  
  Kita harus menyadari bahwa situasi kejayaan dan kenyamanan dapat menjatuhkan seseorang. Maka harus semakin berhati-hati manakala kita di ijinkan Tuhan berdiri pada posisi atau situasi bahwa "Semua yang kita inginkan pasti dapat terlaksana".  Jangan- jangan itu adalah awal dari kejatuhan kita.Oleh karena itu tetaplah takut akan Tuhan dalam segala keadaan.  Roh Kudus akan menolong kita  mengendalikan keinginan- keiginan yang bisa membawa pada kejatuhan.

Oleh Pdm.Iwan Firman Widiyanto, M.Th.

No comments:

Post a Comment