Keluarga Yang Melayani TUHAN


Ini merupakan catatan yang tersirat dari retreat keluarga GKMI Semarang Cabang Srumbung Gunung, yang dilaksanakan di MTC Salatiga pada tanggal 15 - 16 Mei 2015.  Sebuah peristiwa manis yang setelahnya masih terasa manis.


Berangkat dari definisi keluarga. Menurut KBBI ada setidaknya dua definisi tentang Keluarga:

Pertama :Ibu bapak dengan anak-anaknya; seisi rumah; anak bini; Kedua : (kaum -- ) sanak saudara; kaum kerabat.Tujuan dari keluarga adalah menghadirkan Kerajaan Sorga (Matius 6:10, “datanglah kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga”).

Alkitab berbicara mengenai keluarga adalah sebagai berikut:


  • Anak-anak harus menghormati ayah dan ibunya.
“Hormatilah ayahmu dan ibumu, seperti yang diperintahkan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, supaya lanjut umurmu dan baik keadaanmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.”

  1. Menghormati orang tua adalah kewajiban anak. Menghormati adalah sikap menghargai yang tinggi kepada orang tua. Menghormati orang tua memberikan pendidikan kepada generasi berikutnya untuk bisa menghormati orang tua. Sebaliknya, jika tidak menghormati orang tua maka generasi berikutnya atau anak-anaknya tidak akan menghormati orang tua.
  2. Anak-anak yang tidak menghormati orang tua akan dihukum mati (Markus 7:10).

Contoh: Negara Singapura berhasil menjadi negara maju pada masa pemerintahan Lee Kuan Yew. salah satu prinsip yang dipegang adalah penghormatan kepada orang tua. Dia mengeluarkan undang-undang yang berisi bahwa orangtua berhak menuntut anak-anaknya kalau tidak mereka di hari tuanya. Dengan demikian, para orang tua tidak menjad beban negara.
 
  • Orang tua mengasihi anak-anaknya.
“Dan kamu, bapa-bapa janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka dalam ajaran dan nasihat Tuhan.”
  1.  Anak-anak meniru tindakan orang tua. Mendidik anak-anak melalui tindakan nyata. Anak-anak memiliki kemampuan untuk meniru orang lain dengan cepat. Apa yang kita lakukan akan ditiru oleh anak-anak.
  2.  Apa yang diajarkan orang tua sejak kecil mempengaruhi tindakan anak. Didikkan yang benar membawa anak berjalan benar. Sebaliknya, didikan yang salah membuat anak bertindak salah.
Kerajaan sorga di dalam keluarga adalah ketika keluarga:
  1. Setiap orang saling mengasihi satu sama lain.  
  2. Setiap orang mau rendah hati, berani minta maaf jika salah dan mau mengampuni jika ada yang bersalah. (TEN recover H2)


No comments:

Post a Comment