"LAHIR BARU"

(Yoh.3:1-21)


        Yesus bersabda, "Sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, Ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah"(ay.3). Lalu Dia memberikan penjelasan lebih,"Sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, Ia tidak dapat masuk kedalam Kerajaan Allah"(ay.5).  Memang pengajaran Tuhan Yesus ini merupakan pokok- pokok pengajaran yang sulit untuk dipahami.   Sehingga orang sekaliber Nikodemus, Seorang pemimpin agama Yahudi, seorang pengajar Israel, kesulitan untuk memahami pengajaran tersebut.  Pada kesempatan itu Tuhan Yesus juga meminta Nikodemus untuk dilahirkan kembali (ay.6).

         Dilahirkan kembali adalah prasyarat utama untuk melihat dan masuk dalam Kerajaan Allah. Kerajaan Allah sendiri merupakan sebuah situasi dimana Allah hadir dan memerintah sebagai Raja.  Dalam situasi tersebut ada kebenaran, kasih, keadilan dan damai sejahtera.  Barangsiapa menginginkan kehidupan semacam itu harus lahir kembali.

        Lahir kembali dapat diartikan sebagai sebuah hidup baru yang penuh dengan pertobatan.  Disebut lahir dari air mengacu kepada sebuah penyucian atas segala perbuatan dosa diwaktu yang lalu. Air sebagai lambang Roh Kudus yang membersihkan dan menyegarkan.  Sedangkan dilahirkan dari Roh mengacu pada komitmen hidup baru.  Kesediaan hidup dipimpin oleh Roh Kudus.  Hanya melalui pertobatan dan hidup baru melalui Roh Kudus inilah seseorang dapat mendapatkan jalan untuk mengalami Kehidupan dalam kerajaan Allah pada saat ini juga.

Oleh Pdm Iwan Firman Widiyanto, M.Th.

No comments:

Post a Comment