“KEADILAN YANG MENYELAMATKAN”

Image result for keadilan

Mazmur 24:1-6

Akhir-akhir ini beredar kabar pejabat Mahkamah Konstitusi dijadikan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).  Didalam kantornya ditemukan narkoba.  Berita tersebut membuat masyarakat mengelus dada.  Lembaga hukum tertinggi di Indonesia, yang kedudukannya setara dengan kepresidenan, justru melanggar hukum.  Lalu apa yang bisa diharapkan dari keadilan yang dihasilkan oleh lembaga dunia ini ?

Pemazmur menaruh pengharapannya hanya kepada Tuhan.  Ia meyakini keadilan yang menyelamatkan hanya didapat dari Allah pencipta langit dan bumi dan segala isinya.  Allah akan memberkati dan memberikan keadilan yang menyelamatkan bagi bagi orang yang takut akan Tuhan.  Dikatakan bahwa "Orang yang bersih tangannya dan murni hatinya, yang tidak menyerahkan dirinya pada penipuan, dan yang tidak bersumpah palsu.  Dialah yang akan menerima berkat dari Tuhan dan keadilan dari Allah yang menyelamatkan dia (ay.4-5).


Oleh karenanya, kita tidak perlu berkecil hati apabila melihat dan merasakan keadilan di dunia ini belum menjadi kenyataan.  Kita letakkan pengharapan kita akan keadilan hanya pada Tuhan saja. Untuk mendapatkan keadilan dari Allah maka kita juga perlu bertindak Adil.  Mengusahakan kehidupan yang “bersih”, jauh dari tindakan dosa. Mengusahakan kebaikan kepada sesama dan menjauh dari tindakan kejahatan demi kepentingan diri sendiri.

Oleh Pdt.Iwan Firman Widiyanto, M.Th.

No comments:

Post a Comment