Carang Madu : Oleh - oleh Khas Welahan



Carang Madu merupakan makanan ringan (kalo ini bobotnya bener – bener ringan Guyss), yang sangat renyah, yang bentuknya menyerupai sarang burung, mirip juga dengan lembaran  – lembarang ranting halus, biasanya berbebtuk bundar, di atasnya diolesi dengan Madu.


Kalau saya pulang ke Welahan,
di meja makan mamaku sering ada makanan ringan ini.  Dan karena bentuknya yang demikian praktis (walau kalau digigit biasanya berceceran, hehehe), maka penganan ini sangat cocok untuk dijadikan oleh – oleh.  Kata Carang Madu berasal dari bahasa jawa, yaitu carang yang artinya adalah ranting bambu, seperti ranting pada umumnya makan bentuk makanan ini juga ada segi ketidakberaturan.
Carang madu merupakan  makanan ringan  tradisional bagi masyarakat keturunan  Tiongkok di Welahan. Kue ini diburu untuk dijadikan oleh-oleh para pengunjung luar kota Jepara yang sedang Imlek atau Ceng Beng. Sedangkan bagi muslim di Welahan kue ini sering menjadi bagian dari berkat untuk setiap hajatan.
Penganan Carang Madu ini juga kadang disebut dengan kue Sarang Madu ini terbuat dari tepung beras dan santan,  sedangkan tuangan seperti madu di atasnya terbuat dari gula pasir yang dipanaskan dan diberi pewarna (pink) sebagai ciri khasnya. Silahkan temen – temen yang berkunjung ke Welahan untuk tidak melupakan membeli oleh – oleh yang ini. Salam Kulineran (H2)

No comments:

Post a Comment