PARKIT YANG TERLEPAS

Suatu ketika seekor burung Parkit peliharaan terlepas dari sangkarnya.  Dengan susah payah si burung berusaha terbang dengan cepat dan tinggi.  Namun apa daya, sejak lahir dia hanya terbang sebatas sangkar cantik yang mengurungnya.  Sehingga otot-otot sayapnya tidak begitu kuat untuk terbang cepat nan tinggi. Si burung parkit mau tidak mau harus puas dengan kemampuan terbang rendah dan dalam jarak yang pendek-pendek saja.
Akhirnya beberapa orang yang tidak sengaja melihatnya berusaha menangkap burung parkit itu. Si burung parkit sudah berusaha sekuat tenaga mengepakkan sayapnya untuk terbang ke alam bebas.  Namun karena ia tidak terlatih terbang, akhirnya si burung dapat ditangkap lagi oleh manusia dengan mudah.



Didalam sangkarnya yang cantik, Si burung parkit sebenarnya telah mendapatkan keamanan dan kenyamanan.  Setiap hari pemiliknya memberinya makanan tanpa Ia harus mencari makanan.  Apabila kotor dimandikan dan bila sakit mendapatkan perawatan.  Namun zona aman dan nyaman yang didapatkannya itu harus dibayar dengan harga yang sangat mahal.  Ia tidak pernah bisa mengetahui dan memaksimalkan potensi terbangnya.  Dia tidak pernah tahu dan tidak juga bisa menikmati bahwa di luar sangkar terdapat kehidupan yang lebih indah dan membahagiakan.


Maka hati-hati dengan zona nyaman dan aman yang kita dapatkan.  Jangan sampai membuat kita justru menjadi stagnan. Menghambat dan mengkerdilkan segala potensi kita yang dahsyat. Jangan biarkan zona aman dan nyaman memperbudak dan memperbodoh pengertian kita akan kehidupan yang luar biasa beraneka dan indahnya.(ifw)

No comments:

Post a Comment