Jajanan Kembang Goyang



Setiap berkunjung ke orang yang sedang punya hajatan (Biasanya disebut dengan nyumbang. . .hehehe) di desa.  Ada yang hampir selalu terlewatkan dari pengamatan saya. Yakni sebuah kue dalam toples bening yang teksturnya mirip –mirip dengan kerupuk.  Nah baru semalam saat ke tempat teman yang baru saja melangsungkan pernikahan di dusun Srumbung Gunung  Desa Poncoruso kembali saya melihat penampakan jajanan ini di dalam toples bening.  

 Spontan saya tanya ke istri,
apa nama jajanan itu, dan pastinya sambil mencicipinya.  Yachh cukup renyah sebagai sebuah cemilan, ringan, dan tidak terlalu manis (cenderung hambar menurutku).  Selanjutnya iseng saja saya bertanya tentang kue ini.  Ternyata kue ini terbuat dari tepung beras, dan menyandang predikat goyang, karena saat membuatnya, cetakan kuenya digoyang – goyang.  Karena bentuknya yang menyerupai bunga (kembang), maka kue itu dinamakan Kembang Goyang.  Saat saya bertanya pada om wiki, dia katakan bahwa kue ini ternyata suguhan khas betawi.  Padahal saya banyak menemui jajanan ini di hajatan orang – orang di Jawa Tengah (karena memang saya orang Jawa Tengah Guys). Untuk memperindah penampilan, kue ini biasanya disajikan dalam beraneka warna (warna merah lebih sering saya jumpai).  Pewarna yang diberikan biasanya warna merah, hijau, dan ada pula warna putih. (H2)

No comments:

Post a Comment