Mendukung Negara Untuk Maju



(Roma 13:1-7)


Pada saat-saat ini kita bisa merasakan banyak perubahan yang lebih baik berkaitan dengan pelayanan yang di berikan pemerintah kepada warga negaranya.   Di bidang administrasi kependudukan seperti pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran dll dapat di kerjakan dalam waktu yang lebih singkat, murah bahkan gratis. 
Di bidang kesehatan ada asuransi kesehatan untuk masyarakat.  Di bidang hukum mulai dapat di rasakan kepastian hukumnya. Meskipun dalam banyak bidang tersebut masih belum dapat dirasakan maksimal.

Paulus mengajarkan jemaat di Roma untuk tunduk kepada pemerintah karena pemerintah diyakini berasal dari Allah(ay.1).  Pemerintah di sebut juga sebagai hamba Allah untuk kebaikan umat (ay.4).  Ia diberi kuasa oleh Tuhan untuk membalaskan murka Allah atas mereka yang berbuat jahat. 

Rasul Paulus menasehati kepada jemaat di Roma agar menyatakan ketundukannya kepada pemerintah dengan cara memenuhi kewajibannya dalam membayar pajak atau cukai apapun yang telah ditetapkan oleh pemerintah (ay.6-7).  Rasul Paulus juga menasehati jemaat untuk tidak takut kepada pemerintah kalau mereka tidak berbuat salah.

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana jikalau pemerintahnya berbuat tidak adil dan bertindak tidak benar, memberontak kepada Allah ?  Bagaimana sikap kita ?  Sikap kita harus tetap mencintai pemerintah dengan cara menyuarakan suara kenabian, suara kritis yang didasarkan atas kehendak Tuhan.  Dengan demikian menjadi upaya mengembalikan pemerintahan pada jalan Tuhan. 
Marilah kita dukung segala program pemerintah yang baik , yang mengupayakan kesejahteraan masyarakat Indonesia.  Dukungan kepada pemerintah berarti juga sebuah perkara Rohani, yaitu mendukung tangan Tuhan yang mengatur negara ini. (IFW)

No comments:

Post a Comment